Pena Tinta Biru untuk Tanda Tangan

Sebelum semuanya terjadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitulah proses administrasi, tidak hanya untuk kepentingan dokumen keuangan, yang awalnya memang sederhana, namun bisa menjadi masalah jika orang – orang yang terlibat memiliki pandangan berbeda.

Nice Memory
Pengalaman saya sebelumnya sebagai finance officer di Non Profit International Organization, CFO (Chief Financial Officer)nya bilang “sebaiknya pakai tinta biru untuk tanda tangan”.

Nah, Sekarang saya bergabung dengan Pemerintah yang ternyata Direktur disini juga menggunakan tinta biru untuk tanda tangan. Ini suatu bukti  bahwa  penggunaan tinta biru untuk tanda tangan sudah dipraktekkan pada organisasi yang berbeda.

Salah satu alasan penggunaan tinta biru untuk tanda tangan dapat membedakan dokumennya asli atau fotocopian. Nah, alasan lainnya dapat dikaitkan dengan salah satu contoh berikut:

Contohnya: karena saya suka bercerita, berikut  cerita tentang penggunaan "kuitansi kosong"

Once upon a time...
A: Koordinator Acara

A minta disediakan kuitansi kosong, ditanda tangani, diberi nama dan pakai materai Rp 6000,- selain struk. Nah, B sebagai penyedia makanan, yaitu sebuah restoran yang sudah punya brand yang sudah dikenal publik, ternyata punya kebijakan tidak mengeluarkan kuitansi kosong, namun harus ada nama kegiatan yang dilakukan oleh A dan total yang dikeluarkan selain nilai yang tertera di struk. Kuitansi kosong, mendengarnya saja jadi tanda tanya, apalagi jika tidak ada komunikasi untuk apa harus mengeluarkan kuitansi kosong, kan sudah ada struk? Tidak ada komunikasi antara mereka (A & B) untuk apa A meminta kuitansi kosong selain struk ke B. Ternyata, A & B sudah mengetahui proses antara mereka berdua, yang ternyata A harus menggabungkan biaya materai dan biaya pengiriman selain biaya makanan. Proses delivery makanan tidak bisa mengesampingkan biaya pengiriman dan biaya – biaya lainnya yang ditotalkan pada struk yang kosong tersebut. Namun, karena tidak ada komunikasi antara A & B, maka timbul perselisihan dan saling curiga tentang kebenaran nilai dan kegiatan. B mengambil sikap tegas mengatakan kuitansi yang kami keluarkan tidak boleh kosong dan A juga memaksa totalkan seluruh biaya yang akan dikeluarkan selain biaya makan dan ternyata sudah ada dipikiran B, see? mereka punya maksud yang baik.  Nah, pada akhirnya A sebagai koordinator ditanya lagi  oleh bendahara, kenapa nilai yang ada di struk berbeda dengan nilai yang ada dikuitansi?

Logam Mulia Giftseries 1gr - 5gr
Cerita diatas bisa dikaitkan dengan tanda tangan, karena sama – sama proses administrasi yang pada dasarnya sama, seperti:
  • Dokumen asli
  • Nilai uang yang dikeluarkan benar jumlahnya
  • Kegiatan yang dilakukan sesuai
Begitu juga jika dikaitkan dengan tanda tangan, jika sudah ditanda tangani dengan tinta biru, maka sudah ada pembeda bahwa dokumen tersebut bukan fotocopian. Hal ini sudah sama – sama diketahui oleh umum.

Sekarang ini, banyak aplikasi pembuat tanda tangan menjadi digital untuk keperluan bisnis. Hal ini diluar pembahasan yang kali ini lebih fokus pada pulpen / pena biru untuk tanda tangan. Namun, pada dasarnya dokumen administrasi yang diharapkan adalah sama yaitu dokumen yang asli/original dan benar termasuk isi dokumennya dan prosesnya.

Ada beberapa referensi lain, tentang tanda tangan menggunakan pulpen/pena biru:

"I'm starting to prefer signatures in blue. Many copiers are so good now that black ink can look like part of a photocopy."
"Blue pens. Of course blue pens. Because they contrast better with the documents you're writing on, which invariably use black ink."


Because blue is easy to prove as an original signature, while black can be reproduced in printing.  That was the reason in many cases for using blue, you could guarantee that a signature was original and not printed.  


While many official documents must be written in black, blue is actually the smarter choice for signatures.

I’ll get into details below, but here’s what I generally recommend:
  • §  Black ink for filling out official records.
  • §  Blue for business signatures and most others.
  • §  Black for memos and work correspondence.
  • §  Blue (or red) for notes and most learning purposes.
  • §  Blue for credit card applications.
  • §  Blue (or another color) for creative purposes.


......."Dokumen-dokumen penyimpanan dana itu saya serahkan ke UPTD Kasda. Bahkan seluruhnya ditangani UPTD Kasda. Biasanya saya pakai tinta biru, tapi itu tadi kok tinta hitam dan ada lekukannya. Makanya saya meragukan," katanya............




The Oxford Handbook of Qur'anic Studies



4 comments:

pagar brc said...

terimakasih sudah mengedukasi...

selviautama said...

sama-sama semoga bermanfaat

Bowo said...

Kalau bukti tanda terima sebagai jaminan pada sebuah lembaga ditanda tangani oleh lembaga tersebut pake tanda tangan merah itu bagaimana ya Bu?

meggy said...

PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

- Adu Q
- Bandar Q
- Bandar Sakong
- Bandar Poker
- Poker
- Domino 99
- Capsa Susun
- BANDAR66 / ADU BALAK
- Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL


Contact Us

Website SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

Daftar SahabatQQ
#sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #megasahabatQQ #megasahabat #windaftar