Berbagi Kisah tentang Cash Deposit Machine (CDM)


Kapan seharusnya menggunakan Cash Deposit Machine (CDM). Beda bank maka beda pula CDM nya. Addict menggunakannya karena prosesnya cepat, tidak perlu mengisi slip setoran dan tidak perlu mengambil nomor antri untuk ke teller. Beberapa pelajaran yang saya dapatkan:

Jika jumlah uang Rp 5 Juta - Rp 10 juta lebih, sebaiknya depositkan melalui teller. Pecahan uang yang boleh dimasukkan ke CDM Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000,- dan Ikuti  langkah – langkah tertulis pada mesin. CDM yang biasa saya gunakan kapasitasnya hanya untuk 250 lembar uang.

Pernah jumpa dengan orang yang sedang memasukkan uang yang sudah sangat lusuh ke CDM. kebetulan saya antri di belakangnya jadi tahu totalnya Rp 200.000, @Rp 50.000,- . itu adalah uang sisa yang sudah berkali – kali dia coba masukkan, tapi tidak berhasil masuk . Dia ingin sekali mendepositkan seluruh uangnya, jadi minta tolong ke petugas bank menggantikan uang lusuhnya dengan uang yang bagus di teller. Hmm..cukup smart untuk situasi seperti ini. Tapi bagaimana dengan saya? yang sudah antri lama gara – gara hal seperti itu? No body care kan. Nah, tips dari saya:  1). uang yang sudah sangat lusuh dan ada robek nya yang kira – kira memang sudah tidak bisa diterima di CDM, ditukarkan dulu dengan uang yang bagus. Ini dilakukan sebelum menggunakan CDM. 2). Jika uang yang sudah berkali – kali diproses dan tidak masuk, sebaiknya keep it back inside your wallet . 

Hitunglah jumlah uang sebelum memasukkan ke CDM.  My thinking: “Menghitung sudah menjadi tugasnya mesin”. Dan sekarang saya sadar “ sebaiknya tidak percaya 100% kepada mesin”.
Hari itu saya mengambil sejumlah uang dalam dompet, tanpa menghitung langsung memasukkan ke CDM. Pada saat mesinnya tertutup, di layar tertulis yang intinya mesin tidak bisa digunakan. Panik karena  uangnya tidak bisa diambil lagi dan transaksi nya juga tidak sempat tercatat oleh mesin. No body know what happen to me, and no body care. Alhamdullilah ada satpam tempat curhat pertama saya. Alhamdullilah ada petugas bank lainnya yang menyuruh saya naik lantai dua tempat pengaduan dan Alhamdullilah semuanya terjadi saat office hours. Namun, ada hal yang membuat kesal, karena tidak tahu bagaimana nasib uang saya yang ada dalam CDM. Informasi yang saya dapatkan dari satpam, uang akan dikembalikan dalam 14 hari kerja. Saya naik lantai dua ke Customer Service (CS). Kesimpulan dari yang pernah saya alami, tidak ada pelayanan yang memuaskan yang saya dapatkan dari CS pada saat uang tersangkut di CDM. Jadi, bagaimana proses uang saya bisa kembali pada hari itu juga? Jawabnya, sebagai customer saya berhak complaint directly & seriously ke mereka.… 

Walaupun saya pernah bermasalah dengan CDM, namun saya masih tetap senang menggunakannya karena sangat praktis dan memberikan kemudahan. So, I’m happy using it.

No comments: